Mengenal teratai, Bunga Air Terindah

Sumber: Pexels


Bunga merupakan jenis tanaman yang paling indah di dunia. Tanaman yang memiliki keindahan di bagian mahkotanya ini sangat disukai oleh kaum hawa. Saya adalah salah satu yang percaya bunga yang memancarkan harum nan semerbak dapat memunculkan kenangan indah yang tidak bisa didapat dengan cara lain. Oleh sebab itulah saya menggores selembar kertas untuk mengabadikan salah satu bunga terindah yang akan saya ceritakan ini.

Minggu pagi  awal pebruari itu, ketika saya sedang berolahraga di open space sebuah tempat terbuka yang dikelilingi kolam di setiap sisinya dan berada di lingkungan universitas lambung mangkurat, mata saya tertuju pada kumpulan bunga yang seakan berdiri di atas permukaan kolam. Bunga yang sangat menawan itu bermahkota putih bersih dengan bunga sari berwarna kuning emas cerah ditengahnya. Sejenak saya perhatikan indahnya salah satu ciptaan Tuhan itu.

Bunga yang berwarna putih dan  ada juga di sisi kolam sebalah kanan saya yang berwarna merah muda berukuran sebesar telapak tangan saya, memiliki tiga lapis mahkota yang sangat indah tersusun rapi dan terdiri dari delapan hingga sepuluh mahkota pada setiap lapisnya, dibagian terluar, terdapat empat kelopak bunga yang berwarna hijau daun. Daunnya yang besar, lebar dan tipis berbaring di permukaan kolam disekitar bunga.

Begitulah kira-kira hasil pengamatan saya. Setelah itu, tak lupa saya menjepret beberapa foto bunga itu dari beberapa sudut dengan kamera saku. Kemudian saya googling untuk mendapatkan informasi bunga yang menarik perhatian saya itu. Teratai, begitulah masyarakat indonesia menyebutnya. Bunga teratai atau dalam bahasa inggris disebut dengan water lily yang termasuk dalam genus Nymphaea merupakan salah satu bunga terindah yang hidup dan tumbuh di air.

Bunga teratai memiliki banyak warna yang menawan seperti putih, merah, merah muda, kuning, jingga, salmon (merah muda kekuning-kuningan), persik, biru dan ungu. Bunga yang mekar dari malam hinga pukul 11 pagi ini memiliki banyak simbol, namun secara umum teratai dapat menyimbolkan kecantikan, kesucian, penciptaan, dan pencerahan.

Tidak hanya sebatas simbol, Bunga yang mengapung di permukaan air ini  dianggap memiliki sejarah tersendiri. Dalam kepercayaan agama budha misalnya, bunga teratai dipercaya sebagai lambang kelahiran Ilahi. Bunga teratai yang mekar Bisa dikatakan bahwa seseorang membuka hatinya dan memiliki batin yang sangat bersinar.

Berdasarkan kepercayaan agama hindu, Bunga Teratai Memiliki simbol sebagai keabadian, Keberuntungan, dan Kekayaan. Dalam cerita agama hindu, Dewa Brahma di lahirkan di bunga teratai yang berasal dari pusar Dewa Wisnu. Sedangkan Berdasarkan kerajaan Mesir, Mereka percaya bahwa bunga teratai adalah simbol dari matahari. Karena sifat dari bunga teratai pada saat malam menutupi dirinya dan saat fajar Bunga teratai kembali membuka dirinya.

Di Bangladesh, bunga Teratai menjadi simbol negara yang beribukota Dhaka tersebut. Bunga yang disebut shapla di negara yang terletak di asia selatan ini melambangkan cinta dan kehidupan. Bahkan bunga ini sering digunakan di sebagian besar acara keagamaan setempat.

The Inner Beauty Bunga Teratai

Indahnya bunga tidak hanya bisa dinikmati saat mekarnya, tetapi esensi dan makna yang melekat pada setiap bunga juga menjadi inner beauty dari bunga tersebut. Dalam konteks bunga teratai, semakin kotor lingkungannya berada semakin indah dan menawan warna dan bentuknya karena di lingkungan yang sangat kotor tersedia mineral yang menjadi unsur hara yang menunjang kehidupan bunga teratai.

Pada awalnya, Bunga teratai berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti Padma. Arti dari bunga teratai yang utama adalah Keindahan. Bunga teratai juga memiliki akar yang tumbuh di dalam air yang melambangkan sebagai cara seseorang yang tinggal di dunia untuk mendapatkan kebebasan dan lahir kembali.

Bunga teratai dapat hidup di perairan yang kotor bahkan sangat kotor hanya dengan daun yang berbaring di atas air dan kelopak dan mahkota bunga yang menjulang menghadap langit seakan menujukkan bentuk dan warna indahnya kepada lingkungan dimana dia hidup.

Ada pertanyaan filosofis yang bisa kita ajukan perihal bunga teratai ini yaitu sejak awal diciptakannya mengapa bunga yang sangat indah ini hidup dan tumbuh di tempat seperti itu sejak ribuan tahun yang lalu? dan yang terpenting apa makna yang dapat kita ambil dari kenyataan itu?. Andaikan dapat memilih, jangankan manusia, bunga terataipun akan memilih untuk hidup di air yang jernih murni dengan udara segar dan lingkungan yang bersih.

Kenyataan itu bisa menjadi perbandingan dengan kehidupan manusia. Sebagai insan yang dianugerahkan akal pikiran, dengan memanfaatkannya, manusia dapat belajar dan mengambil manfaat dari lingkungannya. Lingkungan yang buruk dapat memicu kita berpikir mengapa hal demikian terjadi? Apa yang menyebabkannya? dan jawaban dari pertanyaan itu akan membuat kita lebih mengerti dan memahami lingkungan sekitar dan memanfaatkannya untuk bertindak berbeda ke arah yang baik. Dengan demikian takdir bunga teratai dapat menjadi cermin kehidupan yang menyadarkan diri kita. Lingkungan kehidupan yang kotor bukan berarti kita sebagai insan yang berakal harus menjadi pribadi yang kotor pula.

Komentar

Artikel Terpopuler

KBA Syamsudin Noor, Kompleks Rasa Desa

Aripin Sosok Pemberdaya Masyarakat